RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MI TARBIYATUL ISLAM BAGO
Kelas / Semester : VI (Enam) / 1
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Tumbuhan Sahabatku
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan
menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-
laku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
NO KOMPETENSI DASAR (KD) INDIKATOR
1 1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha
Esa atas nilainilai Pancasila secara
utuh sebagai satu kesatuan dalam
kehidupan sehari-hari .
1.1.1Memahami tiga contoh pelaksanaan sila kesatu
dan kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
2 2.1 Bersikap penuh tanggung jawab
sesuai nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari.
2.1.1 Melakukan dua kegiatan yang sesuai dengan sila
kesatu dan kedua dari sila Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari.
3 3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai
Pancasila dalam kehdupan sehari-
hari
3.1.1Menemukan tiga contoh pelaksanaan sila kesatu
dan kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari
4 4.1Menyajikan hasil analisis pelaksanaan
nilai-nilaiPancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
4.1.1 Menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan
sila kesatu dan kedua dari sila Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari
SBdP
NO KOMPETENSI DASAR (KD) INDIKATOR
1 3.4 Memahami patung. 3.4.1 Menyebutkan berbagai patung dan cara
pembuatannya serta keterampilan yang
dibutuhkan.
2 4.4 Membuat patung. 4.4.1 Membuat model patung
C. TUJUAN PEMEBALAJARAN
- Setelah mendiskusikan cerita, siswa mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan sila kesatu dan kedua
dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar. - Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan sila kesatu dan kedua
dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar. - Setelah mengamati berbagai contoh patung Nusantara, siswa mampu menyebutkan berbagai patung dan
cara pembuatannya serta keterampilan yang dibutuhkan. - Dengan menggunakan bahan tanah liat, lilin malam, atau adonan plastisin, siswa mampu membuat
model patung.
RPP K-13 kelas VI Edisi Revisi SDN 01 Dayasakti
Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi
Waktu
Pendahuluan Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan
lagu Nasional “Bagimu Negeri (Padamu Negeri)”. Nasionalis
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran
dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
”Selamatkan Makhluk Hidup”. Nasionalis
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan. Communication
10 menit
Inti Di akhir kegiatan, guru bersama siswa mendiskusikan kembali
pengamalan nilai Pancasila. Nasionalis
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila “Ketuhanan Yang Maha
Esa” sebagai berikut.
- Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
- Toleransi, penghormatan kepada agama atau kepercayaan lain
- Kerukunan antarumat beragama
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila “Kemanusian yang adil dan
beradab” sebagai berikut. - Persamaan derajat
- Menghargai hak asasi manusia
- Solidaritas setia kawan antarsesama manusia
- Perdamaian
Siswa melanjutkan kegiatan dengan mengamati gambar dan
mencocokkannya dengan nilai-nilai yang diminta. Guru memberi
waktu sekitar 2 menit dan mendiskusikannya. Satu orang siswa bisa
menyampaikan hasilnya dan guru dapat memberi penguatan.
Communication
Siswa secara individu harus menemukan contoh pengamalan sila
kesatu dan kedua dalam kehidupan sehari-hari dan penerapannya.
Mandiri
Guru menerangkan daftar periksa yang akan digunakan dalam
penilaian.
Tulisan siswa dinilai dengan daftar periksa yang terdapat di
halaman penilaian.
Guru menyampaikan bahwa hasil karya seni rupa dari gerabah
dibuat dalam berbagai bentuk. Salah satunya adalah patung
Nusantara dari tanah liat. Patung-patung tersebut sangat diminati,
baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Communication
Siswa mengamati kerajinan patung tanah liat Nusantara dari
Kasongan, Yogyakarta.
Siswa mendiskusikan pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
Guru berkeliling untuk memastikan bahwa semua siswa aktif.
150 menit
RPP K-13 kelas VI Edisi Revisi SDN 01 Dayasakti
Proses Pembuatan Patung Nusantara dari Tanah Liat
Pembuatan patung tanah liat dapat dilakukan dengan teknik cetak
tekan maupun ukir. Untuk teknik cetak tekan dan ukir, sebaiknya
menggunakan tanah liat plastis. Jangan menggunakan tanah yang
terlalu lembek karena akan menyulitkan untuk memperoleh bentuk
yang tepat, rapi, dan jelas.
Tanah liat yang terlalu lembek akan lengket pada cetakan gips
sehingga sulit diangkat dari cetakan dan sulit untuk diukir.
Setelah mengamati berbagai patung Nusantara dari tanah liat, siswa
membuat patung dari tanah liat yang disesuaikan dengan budaya
daerah mereka masing-masing. Mandiri
Sebelum membuat patung, siswa ditugaskan memperhatikan hal-
hal berikut.
Untuk membuat patung Nusantara, siswa dapat menggunakan tanah
liat yang ditemukan di sekitar tempat tinggal mereka. Jika di sekitar
siswa tidak terdapat tanah liat, siswa bisa membuat sendiri adonan
dari tepung dengan langkah-langkah sebagai berikut.
Cara Membuat Adonan Platisin
Bahan-bahan:
2 cangkir terigu
½ cangkir garam
2 sendok makan
minyak sayur
1 ½ cangkir air
hangat
Pewarna makanan
Cara membuat:
- Campurkan terigu,
garam dan minyak
sayur dalam wadah. - Masukkan air hangat
secara bertahap
hingga adonan
menjadi liat, tidak
lembek. - Gulung dan remas-
remas adonan hingga
bercampur dengan
sempurna. - Bagi adonan menjadi
beberapa bagian.
Buatlah lubang di
tengahnya dan
teteskan pewarna
makanan. Kemudian
gulung-gulung
adonan hingga warna
tercampur warna.
Siswa mencoba membuat bentuk model dengan menggunakan
bahan. Kegiatan ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada
siswa untuk berlatih agar terbiasa dengan bahan dan dengan
kelenturan tangan.
Kegiatan siswa dicatat dengan menggunakan catatan anekdot.
Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang
terdapat dalam Buku Siswa.
Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan
panduan yang terdapat pada lampiran Buku Guru.
Penutup Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Menyanyikan lagu daerah “Anak Kambing Saya”
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
15 menit
RPP K-13 kelas VI Edisi Revisi SDN 01 Dayasakti
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
Religius
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Pedoman Guru Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
Buku Siswa Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
Kertas HVS
Tanah liat/lilin malam/bahan untuk membuat plastisin (terigu, garam, air, minyak sayur)
Patung Nusantara (apabila ada)
LAMPIRAN 1
F. MATERI
Mengidentifikasi sikap yang mencerminkan sila ke-1 dan ke-2 serta menyebutkan langkah perbaikan
atas sikap yang belum mencerminkan sikap dari kedua sila.
Mendiskusikan patung nusantara, membuat adonan mainan, dan mencobanya untuk membuat bentuk
patung.
G. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
LAMPIRAN 2
H. PENILAIAN
Penilaian Sikap
No Nama
Perubanan tingkah laku
Santun Peduli Tanggung
Jawab
K C B SB K C B SB K C B SB
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1 ……………….
2 ……………….
3 ……………..
4 ……………..
5 ……………..
dst ……………..
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4
Penilaian
- PPKn
Tulisan siswa dinilai dengan daftar periksa
RPP K-13 kelas VI Edisi Revisi SDN 01 Dayasakti
- SBdP
catatan Anekdot untuk mencatat proses pengerjaan patung (keterampilan, kemandirian, kreatifitas,
kerapian, dan kedisiplinan dalam berkarya). - Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (peduli)
(Contoh terlampir di lampiran pada Buku Guru)
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa diminta berdiskusi bersama orang tua bagaimana cara menerapkan sila kesatu dan kedua di
lingkungan rumah.
Siswa menyampaikan hasilnya kepada guru.
Mengetahui
Kepala MI TARBIYATUL ISLAM Guru Kelas
NUR AZIZ ANSHORI,SPd.SD LUQMAN,S.Ag
PRAKTEK VISUALISASI /VIDEO PEMBUATAN BISA DI LIHAT DI LINK