web analytics
ADVERTISEMENT
  • MITI BAGO NEWS
  • MITI VIDEO
  • KESISWAAN
  • INFORMASI
  • DOWNLOAD
Sunday, January 24, 2021
ADVERTISEMENT
  • MITI BAGO NEWS
  • MITI VIDEO
  • KESISWAAN
  • INFORMASI
  • DOWNLOAD
No Result
View All Result
MI TARBIYATUL ISLAM
  • MITI BAGO NEWS
  • MITI VIDEO
  • KESISWAAN
  • INFORMASI
  • DOWNLOAD
No Result
View All Result
Morning News
No Result
View All Result
ADVERTISEMENT
Home Uncategorized

RPP TEMA 1 SUBTEMA 1 KELAS 6

mitibago by mitibago
July 23, 2019
in Uncategorized
0
0
SHARES
1.3k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

READ ALSO

Soal uambd tingkat MI

PENGERTIAN DAN SIFAT BANGUN RUANG

Satuan Pendidikan : MI TARBIYATUL ISLAM BAGO
Kelas / Semester : VI (Enam) / 1
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Tumbuhan Sahabatku
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan
menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-
laku anak beriman dan berakhlak mulia

ADVERTISEMENT

B. KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
NO KOMPETENSI DASAR (KD) INDIKATOR
1 1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha
Esa atas nilainilai Pancasila secara
utuh sebagai satu kesatuan dalam
kehidupan sehari-hari .

1.1.1Memahami tiga contoh pelaksanaan sila kesatu
dan kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.

2 2.1 Bersikap penuh tanggung jawab
sesuai nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari.

2.1.1 Melakukan dua kegiatan yang sesuai dengan sila
kesatu dan kedua dari sila Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari.

3 3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai
Pancasila dalam kehdupan sehari-
hari

3.1.1Menemukan tiga contoh pelaksanaan sila kesatu
dan kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari

4 4.1Menyajikan hasil analisis pelaksanaan
nilai-nilaiPancasila dalam kehidupan
sehari-hari.

4.1.1 Menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan
sila kesatu dan kedua dari sila Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari

SBdP
NO KOMPETENSI DASAR (KD) INDIKATOR
1 3.4 Memahami patung. 3.4.1 Menyebutkan berbagai patung dan cara
pembuatannya serta keterampilan yang
dibutuhkan.
2 4.4 Membuat patung. 4.4.1 Membuat model patung
C. TUJUAN PEMEBALAJARAN

  1. Setelah mendiskusikan cerita, siswa mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan sila kesatu dan kedua
    dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
  2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan sila kesatu dan kedua
    dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
  3. Setelah mengamati berbagai contoh patung Nusantara, siswa mampu menyebutkan berbagai patung dan
    cara pembuatannya serta keterampilan yang dibutuhkan.
  4. Dengan menggunakan bahan tanah liat, lilin malam, atau adonan plastisin, siswa mampu membuat
    model patung.

RPP K-13 kelas VI Edisi Revisi SDN 01 Dayasakti

 Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi
Waktu

Pendahuluan  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
 Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan
lagu Nasional “Bagimu Negeri (Padamu Negeri)”. Nasionalis
 Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran
dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
 Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
 Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
”Selamatkan Makhluk Hidup”. Nasionalis
 Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan. Communication

10 menit

Inti  Di akhir kegiatan, guru bersama siswa mendiskusikan kembali

pengamalan nilai Pancasila. Nasionalis
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila “Ketuhanan Yang Maha
Esa” sebagai berikut.

  1. Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  2. Toleransi, penghormatan kepada agama atau kepercayaan lain
  3. Kerukunan antarumat beragama
    Nilai-nilai yang terkandung dalam sila “Kemanusian yang adil dan
    beradab” sebagai berikut.
  4. Persamaan derajat
  5. Menghargai hak asasi manusia
  6. Solidaritas setia kawan antarsesama manusia
  7. Perdamaian
     Siswa melanjutkan kegiatan dengan mengamati gambar dan
    mencocokkannya dengan nilai-nilai yang diminta. Guru memberi
    waktu sekitar 2 menit dan mendiskusikannya. Satu orang siswa bisa
    menyampaikan hasilnya dan guru dapat memberi penguatan.
    Communication
     Siswa secara individu harus menemukan contoh pengamalan sila
    kesatu dan kedua dalam kehidupan sehari-hari dan penerapannya.
    Mandiri
     Guru menerangkan daftar periksa yang akan digunakan dalam
    penilaian.
    Tulisan siswa dinilai dengan daftar periksa yang terdapat di
    halaman penilaian.
     Guru menyampaikan bahwa hasil karya seni rupa dari gerabah
    dibuat dalam berbagai bentuk. Salah satunya adalah patung
    Nusantara dari tanah liat. Patung-patung tersebut sangat diminati,
    baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Communication
     Siswa mengamati kerajinan patung tanah liat Nusantara dari
    Kasongan, Yogyakarta.
     Siswa mendiskusikan pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
    Guru berkeliling untuk memastikan bahwa semua siswa aktif.

150 menit

RPP K-13 kelas VI Edisi Revisi SDN 01 Dayasakti

Proses Pembuatan Patung Nusantara dari Tanah Liat
Pembuatan patung tanah liat dapat dilakukan dengan teknik cetak
tekan maupun ukir. Untuk teknik cetak tekan dan ukir, sebaiknya
menggunakan tanah liat plastis. Jangan menggunakan tanah yang
terlalu lembek karena akan menyulitkan untuk memperoleh bentuk
yang tepat, rapi, dan jelas.
Tanah liat yang terlalu lembek akan lengket pada cetakan gips
sehingga sulit diangkat dari cetakan dan sulit untuk diukir.
 Setelah mengamati berbagai patung Nusantara dari tanah liat, siswa
membuat patung dari tanah liat yang disesuaikan dengan budaya
daerah mereka masing-masing. Mandiri
 Sebelum membuat patung, siswa ditugaskan memperhatikan hal-
hal berikut.
Untuk membuat patung Nusantara, siswa dapat menggunakan tanah
liat yang ditemukan di sekitar tempat tinggal mereka. Jika di sekitar
siswa tidak terdapat tanah liat, siswa bisa membuat sendiri adonan
dari tepung dengan langkah-langkah sebagai berikut.
Cara Membuat Adonan Platisin
Bahan-bahan:
 2 cangkir terigu
 ½ cangkir garam
 2 sendok makan
minyak sayur
 1 ½ cangkir air
hangat
 Pewarna makanan

Cara membuat:

  1. Campurkan terigu,
    garam dan minyak
    sayur dalam wadah.
  2. Masukkan air hangat
    secara bertahap
    hingga adonan
    menjadi liat, tidak
    lembek.
  3. Gulung dan remas-
    remas adonan hingga
    bercampur dengan
    sempurna.
  4. Bagi adonan menjadi
    beberapa bagian.
    Buatlah lubang di
    tengahnya dan
    teteskan pewarna
    makanan. Kemudian
    gulung-gulung
    adonan hingga warna
    tercampur warna.

 Siswa mencoba membuat bentuk model dengan menggunakan
bahan. Kegiatan ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada
siswa untuk berlatih agar terbiasa dengan bahan dan dengan
kelenturan tangan.
Kegiatan siswa dicatat dengan menggunakan catatan anekdot.
 Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang
terdapat dalam Buku Siswa.
 Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan
panduan yang terdapat pada lampiran Buku Guru.

Penutup  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil

belajar selama sehari Integritas
 Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
 Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
 Melakukan penilaian hasil belajar
 Menyanyikan lagu daerah “Anak Kambing Saya”
 Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
15 menit

RPP K-13 kelas VI Edisi Revisi SDN 01 Dayasakti

masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
Religius

E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
 Buku Pedoman Guru Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
 Buku Siswa Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
 Kertas HVS
 Tanah liat/lilin malam/bahan untuk membuat plastisin (terigu, garam, air, minyak sayur)
 Patung Nusantara (apabila ada)
LAMPIRAN 1
F. MATERI
 Mengidentifikasi sikap yang mencerminkan sila ke-1 dan ke-2 serta menyebutkan langkah perbaikan
atas sikap yang belum mencerminkan sikap dari kedua sila.
 Mendiskusikan patung nusantara, membuat adonan mainan, dan mencobanya untuk membuat bentuk
patung.
G. METODE PEMBELAJARAN
 Pendekatan : Saintifik
 Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
LAMPIRAN 2
H. PENILAIAN
Penilaian Sikap

ADVERTISEMENT

No Nama

Perubanan tingkah laku
Santun Peduli Tanggung
Jawab
K C B SB K C B SB K C B SB
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4

1 ……………….
2 ……………….
3 ……………..
4 ……………..
5 ……………..
dst ……………..
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4
Penilaian

  1. PPKn
    Tulisan siswa dinilai dengan daftar periksa

RPP K-13 kelas VI Edisi Revisi SDN 01 Dayasakti

  1. SBdP
    catatan Anekdot untuk mencatat proses pengerjaan patung (keterampilan, kemandirian, kreatifitas,
    kerapian, dan kedisiplinan dalam berkarya).
  2. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (peduli)
    (Contoh terlampir di lampiran pada Buku Guru)
    Kerja Sama dengan Orang Tua
     Siswa diminta berdiskusi bersama orang tua bagaimana cara menerapkan sila kesatu dan kedua di
    lingkungan rumah.
     Siswa menyampaikan hasilnya kepada guru.

Mengetahui
Kepala MI TARBIYATUL ISLAM Guru Kelas

ADVERTISEMENT

NUR AZIZ ANSHORI,SPd.SD LUQMAN,S.Ag

PRAKTEK VISUALISASI /VIDEO PEMBUATAN BISA DI LIHAT DI LINK

ADVERTISEMENT

Related Posts

Uncategorized

Soal uambd tingkat MI

February 9, 2020
91
Uncategorized

PENGERTIAN DAN SIFAT BANGUN RUANG

February 7, 2020
39
Uncategorized

Bangun Ruang

February 4, 2020
342
Uncategorized

TATIB GURU DAN SISWA

February 2, 2020
17
Uncategorized

PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEMESTER 2 K13

February 2, 2020
305
Uncategorized

prota pjok kelas 6

February 6, 2020
18
Next Post

perangkat k13 matematika kelas 6

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ADVERTISEMENT

About

We bring you the best Premium WordPress Themes that perfect for news, magazine, personal blog, etc. Check our landing page for details.

Follow us

Categories

  • BERITA TERBARU MITI
  • Business
  • Entertainment
  • Fashion
  • Food
  • Health
  • Lifestyle
  • MITI BAGO NEWS
  • National
  • News
  • Opinion
  • Politics
  • Tech
  • Travel
  • Uncategorized
  • World

Recent Posts

  • TATA TERTIB SISWA DAN GURU
  • cara membuat Rencana Anggaran Belanja (RAB) pembangunan
  • Daftar list login raport digital madrasahmadrasah (ARD) kab. Probolinggo
  • FOTO WISUDAWAN WISUDAWATI MI TARBIYATUL ISLAM TAHU PELAJARAN 2018-2019
  • Buy JNews
  • Landing Page
  • Documentation
  • Support Forum

© 2021 JNews - Premium WordPress news & magazine theme by Jegtheme.

No Result
View All Result
  • Home
  • MITI VIDEO
  • TUTORIAL BIBIT DAN TANAMAN
  • MITI BAGO NEWS
  • BERITA TERBARU MITI

© 2021 JNews - Premium WordPress news & magazine theme by Jegtheme.

Login to your account below

Forgotten Password?

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In