RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 5 /1
Tema : Organ Gerak Hewan Dan Manusia (Tema 1)
Sub Tema : Organ Gerak Hewan (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
- KOMPETENSI INTI
-
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
-
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
-
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
-
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
- KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
No | Kompetensi | Indikator |
3.1 | Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis. |
3.1.1 Menentukan ide pokok cerita. |
4.1 |
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, danvisual. |
|
Muatan : IPA
No | Kompetensi | Indikator |
3.1 |
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia. |
3.1.1 Menyebutkan organ gerak dan fungsinya pada hewan. |
4.1 |
Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan. |
4.1.1 Menggambar organ gerak hewan. |
Muatan : SBDP
No | Kompetensi | Indikator |
3.1 |
Memahami gambar cerita. |
3.1.1 Menceritakan cerita yang terdapat pada gambar cerita. |
4.1 |
Membuat gambar cerita |
4.1.1 Membuat susunan dan rangkaian gambar cerita. |
- TUJUAN
- Dengan mengamati gambar cerita, siswa mampu menyusun dan merangkai sebuah cerita secara runtut.
- Dengan menceritakan sebuah gambar, siswa mampu mengolah informasi dan menjadi sebuah cerita secara tepat.
- Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyebutkan organ gerak hewan beserta fungsinya secara tepat.
-
Dengan membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi gerak ikan di air secara tanggung jawab.
- MATERI
- Macam-macam gambar cerita.
- Organ gerak dan fungsinya pada hewan.
- Orga gerak yang etrdapat pada ikan.
- PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
-
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pembukaan |
|
15 menit |
Inti |
Hasil yang diharapkan
Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Apa saja yang dapat kamu lakukan jika badanmu sehat? Bagaimana cara merawat rangka tubuhmu?
Catatan:
Hasil yang diharapkan
|
140 menit |
Penutup |
|
15 menit |
-
PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
Teknik Penilaian:
- Penilaian Sikap: Percaya diri, peduli, tanggung jawab, disiplin
- Disiplin
- Tanggung Jawab
- Peduli
- Percaya Diri
- Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, remedial, dan pengayaan pada buku siswa.
Format Penilaian
-
Penilaian Keterampilan: uji unjuk kerja
Penilaian Unjuk Kerja
- Rubrik Menulis Berdasarkan Pengamatan Gambar
- Rubrik Menulis Berdasarkan Pengamatan Gambar
- Penilaian Sikap: Percaya diri, peduli, tanggung jawab, disiplin
- Mencari ide pokok bacaan
- Menuliskan Ide Pokok dari Bacaan
- Rubrik Membuat Gambar
- Rubrik Membuat Model Sederhana Organ Gerak
-
REMEDIAL DAN PENGAYAAN
-
Remedial
Tuliskan bagian-bagian organ gerak hewan-hewan berikut:
-
Pengayaan
Buatlah gambar organ gerak salah satu hewan berikut dan berilah penjelasan
secukupnya pada gambar.
1. Kelinci
2. Katak
3. Kadal
4. Ikan
-
- SUMBER DAN MEDIA
- Buku bacaan perubahan wujud benda, dan gambar tentang perilaku yang tidak selaras dengan lingkungan.
- Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
- Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
- Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 5 semester 1 dari JGC/SCi Media.
- Video/slide/gambar tentang perubahan wujud benda.
- Video pelestarian alam dan melindungi dari kerusakan alam
- Kerajian tradisional wayang golek, seni kerajinan, surat kabar dan majalah
Refl;eksi Guru
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui Kepala Sekolah,
……………………………… NIP. ………………………… |
…………………, …………… Guru Kelas 5 ,
……………………………… NIP…………………………. |